· DEFINISI
Kelompok Referensi (Reference Group) atau
Kelompok Rujukan atau Kelompok Acuan merupakan sekelompok orang yang dianggap
memiliki pengaruh evaluasi, aspirasi, bahkan perilaku terhadap orang lain
secara langsung ataupun tidak langsung, dan dianggap sebagai pembandingan bagi
seseorang dalam membentuk nilai dan sikap umum/khusus atau pedoman khusus bagi
perilaku .
Kelompok referensi memberikan standar (norma
atau nilai) yang dapat menjadi perspektif penentu mengenai bagaimana seseorang
berfikir atau berperilaku, dan kelompok ini berguna sebagai referensi seseorang
dalam pengambilan keputusan.
· JENIS-JENIS KELOMPOK REFERENSI
Kelompok
referensi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:
1) Kelompok Referensi Normatif
2) Kelompok Referensi Komparatif
· KLASIFIKASI KELOMPOK REFERENSI
Berikut
ini adalah pengklasifikasian kelompok referensi, yaitu:
1) Menurut Intensitas Interaksi dan Kedekatannya
a. Kelompok Primer (Primary)
Kelompok
referensi primer melibatkan seringnya interaksi langsung dan tatap muka.
Contohnya: keluarga dan sanak-saudara.
b. Kelompok Sekunder (Secondary)
Kelompok
referensi sekunder, tidak terlalu sering ber-interaksi dan tatap muka.
Contohnya: tetangga.
2) Menurut Legalitas Keberadaannya
a. Kelompok Formal
Kelompok
referensi formal memiliki struktur yang dirinci dengan jelas. Contohnya:
kelompok kerja di kantor atau tim per divisi.
b. Kelompok Informal
Kelompok
referensi informal tidak dirinci secara jelas. Contohnya: kelompok
persahabatan, teman sekolah atau kuliah.
3) Menurut Status Keanggotaan dan Pengaruhnya
a. Kelompok Aspirasi (Aspirational)
Seorang
bercita-cita untuk bergabung atau menandingi kelompok referensi aspirasi.
b. Kelompok Disosiasi (Dissociative)
Seseorang
berupaya menghindari kelompok referensi disosiasi.
c. Kelompok Membership
Seseorang
menjadi anggota formal dari suatu kelompok referensi. Contohnya: kelompok
pecinta alam.
· FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SESEORANG MENJADI
BAGIAN DARI KELOMPOK REFERENSI
Kecenderungan orang untuk menjadi bagian dari
kelompok acuan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu:
1) Keakraban
2) Ekspos terhadap seseorang (Mere Exposure)
3) Kepaduan kelompok.
· KELOMPOK REFERENSI DALAM PEMASARAN
Kelompok referensi mempengaruhi perilaku
seseorang dalam pembelian dan sering dijadikan pedoman oleh konsumen
dalam bertingkah laku. Anggota kelompok referensi sering menjadi penyebar
pengaruh dalam hal selera. Oleh karena itu konsumen selalu mengawasi kelompok
tersebut baik prilaku fisik maupun mentalnya.
Kelompok referensi (yang paling berpengaruh
terhadap konsumen) mempengaruhi orang lain melalui norma, informasi dan
kebutuhan nilai ekspresif konsumen. Berikut ini penjelasan dari macam-macam
pengaruh tersebut:
1) Pengaruh Normatif
Ketika
seorang individu memenuhi harapan kelompok untuk mendapatkan hadiah langsung
atau menghindari hukuman
2) Pengaruh Informasi
Perilaku
dan pendapat kelompok referensi digunakan sebagai berguna potongan informasi
yang berpotensi
3) Pengaruh Ekspresi Nilai
Ketika
seorang individu kelompok menggunakan norma dan nilai-nilai dianggap sebagai
panduan bagi sikap mereka sendiri atau nilai-nilai
Para pemasar tertarik pada kemampuan kelompok
referensi untuk mengubah sikap dan perilaku konsumen dengan mendorong timbulnya
kesesuaian. Untuk dapat mempunyai
pengaruh tersebut, kelompok referensi harus melakukan hal – hal berikut ini:
1) Memberitahukan atau mengusahakan
agar orang menyadari adanya suatu produk menarik / merk khusus.
2) Memberikan kesempatan pada individu
untuk membandingkan pemikirannya sendiri dengan sikap dan perilaku kelompok.
3) Mempengaruhi individu untuk mengambil
sikap dan perilaku yang sesuai dengan norma-norma kelompok.
4) Membenarkan keputusan untuk memakai
produk-produk yang sama dengan kelompok.
Terdapat beberapa bentuk kelompok acuan yang
dapat mempengaruhi konsumen dalam perilaku konsumsi, yaitu:
1) Kelompok pertemanan
2) Kelompok belanja
3) Kelompok kerja
4) Komunitas maya
5) Kelompok aksi konsumen.
Dalam strategi pemasaran, agar dapat diterima
konsumen maka informasi disampaikan oleh opinion leader yang sesuai dengan
karakteristik produk atau jasa yang ditawarkan. Seorang pemberi opini ini
adalah orang yang sering kali mampu mempengaruhi sikap atau perilaku orang
lain. Opinion leader memiliki sumber informasi yang berharga. Daya tarik
kelompok referensi dalam pemasaran melalui:
1) Selebriti
2) Tenaga ahli / Pakar
3) Orang biasa
4) Juru bicara eksekutif dan karyawan
5) Karakter fiktif
6) Kelompok referensi lain
Pemasar harus dapat mengidentifikasi peran
seseorang di dalam kelompoknya dalam pengambilan keputusan, dan harus
menekankan pada si pengambil keputusan. Penyesuaian dilakukan hanya untuk
sekadar menyesuaikan diri agar diterima oleh kelompok atau penyesuaian yang
mengubah kepercayaan. Orang butuh untuk menilai opini dan kemampuan mereka
dengan membandingkannya dengan opini dan kemampuan orang lain.
REFERENSI:
http://boetarboetarzz.blogspot.com/2013/01/kelompok-referensi-reference-group.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar